TAKHRIJ HADIS ANJURAN MENCARI ILMU (HIKMAH)

SYARAH DAN KRITIK  DENGAN METODE TAKHRIJ
HADITS TENTANG ANJURAN MENCARI ILMU (HIKMAH)
Oleh

Hilman Fitry
Pendidik Hadis 
SDIT Uswatun Hasanah
Kota Banjar
 
الَشَّرْحُ وَ النَّقْدُ عَلَى طَرِيْقَةِ الـتَّخْـرِيْجِ
فِى الْحَدِيْثِ } الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ الْمُؤْمِنِ، حَيْثُمَا وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا {

Syarah dan kritik atau pembahasan dengan metode takhrij Hadits tentang  “Anjuran Mencari Ilmu”  diawali dengan ditemukannya Hadits pada kitab Takhrij Maudhui  yakni Al Jâmi’ul Ushûl  fi Ahâditsir Rasûl yang disusun oleh al Mubarak Ibn Muhammad Ibn Muhammad Ibn Muhammad Abdul Karim asy Syaibani al Jazari atau yang dikenal dengan nama Ibn Atsir (544-606 H/ 1150-1210 M) sebagai berikut :
أبو هريرة - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم-: «الكلمةُ الحِكْمَةُ ضَالَّةُ المؤمن، فحيث وجدها فهو أحق بها» . أَخرجه الترمذي
Bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Kalimat hikmah itu adalah suatu yang hilang dari seorang mukmin, maka di masa saja ia mendapatkannya maka ia lebih berhak atasnya.” (H.R. at Tirmidzi dari Abu Hurairah r.a.)
Berdasarkan foot note di atas, Mashadir Ashliyahnya adalah Sunan at Tirmidzi.
Dilalah untuk mencari Mashadir Ashliyah menggunakan kamus Al-Jami’ al-Shaghir wa ziyâdatuhu yang ditulis oleh As-Sayuthi dan al Albani. Berdasarkan lafazh awal  الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ diperoleh petunjuk sebagai berikut :
الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ فَحَيْثُ وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا .(ت هـ) عَن أبي هُرَيْرَة.
Berdasarkan petunjuk tersebut  di atas, Mashadir Ashliyahnya adalah: Sunan at Tirmidzi (ت), dan Sunan Ibn Majah (ه) melalui jalur Abu Hurairah.
Dilalah selanjutnya menggunakan kamus Al-Mu’jam al-Mufahras Jilid 1 susunan AJ Winsink. Berdasarkan lafazh الْحِكْمَةُ diperoleh petunjuk sebagai berikut:
الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ ……
ت علم 19،، جه زهد 15
Berdasarkan petunjuk tersebut maka Mashadir Ashliyahnya adalah : Sunan at Tirmidzi (ت), dan Sunan Ibn Majah (جه).
Dilalah yang bersifat cek ricek menggunakan CD Al-Maktabah al-Syamilah dengan proses sebagai berikut:




1.Masuk di aplikasi

 

2. Klik icon  di atas




3. Klik pada متون الحديث

4.Kemudian klik pada kotak المجموعة كلها  agar pencarian kata yang dimaksud terdapat pada seluruh kitab yang terdapat pada متون الحديث dan secara otomatis kolom kotak Hadits akan muncul ceklis
6.Untuk mencari kata الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ  maka kemudian ketiklah kata tersebut pada  kolom ابحث عن جميع هذه العبارات
  
7.Klik pencarian pada  maka akan muncul:

 
8.Pencarian kata  وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ  akan berlangsung, dan aplikasi akan menghimpun seluruh kitab yang terdapat pada Al-Maktabah al-Syamilah sehingga muncul tanda pencarian selesai.

Untuk menentukan kitab Mashadir Ashliyah dipilih kitab yang menggunakan sebutan : Musnad, Mu’jam, Mushannaf, Muwatha’, Jami’, Sunan, Shahih, dan Mustadrak. Atau nama khas kitab Mashadir Ashliyah tertentu, atau boleh diplih kitab lain, sepanjang kitab tersebut menulis Hadits lengkap dengan rawi dan sanadnya.
 
Berdasarkan proses tersebut maka Mashadir Ashliyahnya adalah :  Sunan Ibn Majah, Sunan at Tirmidzi, al Musnad al Maudhu’I al Jami’lil kutubil ‘Asyrah (namun tidak bisa dijadikan sebagai Mashadir Ashliyahnya dikarenakan penulisnya merupakan ulama kontemporer atau hidup setelah 500 H).
Rekapitulasi Mashadir Ashliyahnya sebagai berikut :
No   
Dilalah
Mashadir Ashliyah
1
Al Jâmi’ul Ushûl  fi Ahâditsir Rasûl
Sunan at Tirmidzi
2
Al-Jamius Shaghir wa ziyâdatuhu
Sunan Ibn Majah (ه), Sunan at Tirmidzi (ت)
3
Al-Mu’jam al-Mufahras jilid 1
Sunan Ibn Majah (جه), Sunan at Tirmidzi (ت)
4
CD Al-Maktabah al-Syamilah
Sunan Ibn Majah, Sunan at Tirmidzi
Mashadir Ashliyah secara keseluruhan adalah :
  1. Sunan Ibn Majah (273 H).
  2. Sunan At Tirmidzi (279 H).

Adapun Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmusebagai berikut :
سنن ابن ماجه (ج 2 ص 1395)
4169 - حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ الْمُؤْمِنِ، حَيْثُمَا وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا»
سنن الترمذى (ج 5 ص 51)
2687 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ الوَلِيدِ الكِنْدِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ المَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الكَلِمَةُ الحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ، فَحَيْثُ وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا»: «هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الوَجْهِ وَإِبْرَاهِيمُ بْنُ الْفَضْلِ الْمَخْزُومِيُّ يُضَعَّفُ فِي الحَدِيثِ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ»

a.      Rawi Sanad
1)      Sunan Ibn Majah (273 H).
(1) Abu Hurairah
(2) Sa’id al Maqburi
(3) Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi
(4) Abdullah Ibn Numair
(5) Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab
(6) Ibn Majah 
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ،
 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ
2)      Sunan at Tirmidzi (279 H).
(1) Abu Hurairah
(2) Sa’id al Maqburi
(3) Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi
(4) Abdullah Ibn Numair
(5) Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi
(6) at Tirmidzi
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ الوَلِيدِ الكِنْدِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ المَقْبُرِيِّ،
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ

Jadi rawi sanad secara keseluruhan adalah,
(1) Abu Hurairah (57/58/59 H)
(2) Sa’id al Maqburi (120 H)
(3) Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi (w…..)
(4) Abdullah Ibn Numair (199 H)
(5) Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi (256 H)
(6) Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab (w….)
(7) Ibn Majah (273 H)
(8) At Tirmidzi (279 H)





b.      Matan

Matan
Mashadir Ashliyah
No
الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ الْمُؤْمِنِ، حَيْثُمَا وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا
Sunan Ibn Majah (273 H)
1
الكَلِمَةُ الحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ، فَحَيْثُ وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا
Sunan At Tirmidzi (279 H)
2

Matan Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu”  untuk lafazh  pokoknya adalah Lafzhi, sebab pada dasarnya lafazhnya sama, ma’nanya sama dan maksudnya sama. Untuk matan yang utuh dapat dikategorikan  Ma’nawi, sebab lafazhnya ada perbedaan, sehingga ma’nanya ada perbedaan, namun maksudnya sama.
                                                      

Untuk mengetahui lahir wafat, rutbah  jarh wa ta’dil, thabaqah rawi sanad, dibuat daftar rawi sanad berdasarkan kitab Tahdzib al-Kamal (Al-Mizi)  Tahdzib al-Tahdzib (Al-‘Asqalani), Mizan al-I’tidal (Al-Dzahabi)

No
Rawi Sanad
Lahir Wafat
Rutbah Jarh Ta’dil
Thabaqah
Lahir (H)
Wafat (H)
Jarh
Ta’dil
Tahdzib
S-T
1
Abu Hurairah (57/58/59 H)

57/58/59 ه

صحابى
صحابى
S
2
Sa’id al Maqburi (120 H)

73 أو 74 هـ
تغير قبل موته بأربع سنين
ثقة
 ليس به بأس

من الوسطى من التابعين
T1
3
Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi (w…..)


متروك
ضعفوه


من الوسطى من أتباع التابعين
T2
4

Abdullah Ibn Numair (199 H)



ثقة صاحب حديث من أهل السنة
حجة
من صغار أتباع التابعين
T3
5

Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi (256 H)

256  ه
لا بأس به

صدوق

أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
T3
6
Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab (w….)



ثقة

أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
T3
7
Ibn Majah (273 H)

131 هـ

أحد الأئمة ، حافظ
صغار الآخذين عن تبع الأتباع
T4
8
At Tirmidzi (279 H)

132 ه

أحد الأئمة ، حافظ
صغار الآخذين عن تبع الأتباع
T4

      S  : Shahabat : 80 H
      T  : Tabi’in  : 130 H
      T2: Tabi’ al-Tabi’in : 180 H
      T3: Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in  : 230 H
      T4: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in  : 300 H
      T5: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in:360 H
      T6: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in : 420 H
      T7: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in:500 H
  











Tarjamah Rawi (Print Out dari CD Al-Maktabah al-Syamilah)

Tarjamah Rawi
No
الاسم : أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )
الطبقة :  1 : صحابى
الوفاة :  57 هـ ( 58 أو 59 هـ قيل ذلك )
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  صحابى
رتبته عند الذهبي :  صحابى ، كان حافظا متثبتا ذكيا مفتيا ، صاحب صيام و قيام

1
الاسم : سعيد بن أبى سعيد : كيسان المقبرى ، أبو سعد المدنى
الطبقة :  3  : من الوسطى من التابعين
الوفاة :  120 هـ و قيل قبلها و قيل بعدها
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة ، تغير قبل موته بأربع سنين
رتبته عند الذهبي :  قال أحمد : ليس به بأس

2
الاسم : إبراهيم بن الفضل المخزومى المدنى ، أبو إسحاق ، و يقال إبراهيم بن إسحاق
الطبقة :  8  : من الوسطى من أتباع التابعين
روى له :  ت ق  ( الترمذي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  متروك
رتبته عند الذهبي :  ضعفوه

3
الاسم : عبد الله بن نمير الهمدانى الخارفى ، أبو هشام الكوفى ( والد محمد بن عبد الله بن نمير )
المولد :  115 هـ
الطبقة :  9  : من صغار أتباع التابعين
الوفاة :  199 هـ
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة صاحب حديث من أهل السنة
رتبته عند الذهبي :  حجة

4
الاسم : محمد بن عمر بن الوليد الكندى ، أبو جعفر الكوفى
الطبقة :  11 : أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة :  256 هـ
روى له :  ت س ق  ( الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  صدوق
رتبته عند الذهبي :  قال النسائى : لا بأس به

5
الاسم : عبد الرحمن بن عبد الوهاب العمى البصرى الصيرفى
الطبقة :  11 : أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
روى له :  ق  ( ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  ثقة
رتبته عند الذهبي :  لم يذكرها

6
الاسم : محمد بن يزيد الربعى مولاهم ، القزوينى أبو عبد الله ابن ماجة الحافظ ( صاحب " السنن " )
المولد :  209 هـ
الطبقة :  صغار الآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة :  273 هـ
روى له :  .
رتبته عند ابن حجر :  أحد الأئمة ، حافظ
رتبته عند الذهبي :  الحافظ ، صاحب " السنن "

7
الاسم : محمد بن عيسى بن سورة بن موسى بن الضحاك السلمى ، أبو عيسى الترمذى الضرير الحافظ ( صاحب " الجامع " و غيره من المصنفات )
الطبقة :  12 : صغار الآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة :  279 هـ بـ ترمذ
روى له :  .
رتبته عند ابن حجر :  أحد الأئمة
رتبته عند الذهبي :  الحافظ

8

3.     
Rasulullah s.a.w.
Abdullah Ibn Numair (199 H)
Abu Hurairah (57/58/59 H)


 Said al Maqburi (120 H)

Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi (w…..)

Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi (256 H)
Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab (w….)
Ibn Majah (273 H)

At Tirmidzi (279 H)


Diagram (Silsilah) Sanad


















C.      Jenis Hadits
1.      Jumlah Rawi
Menurut jumlah rawi, Hadits terbagi kepada Hadits mutawatir dan ahad. Hadits mutawatir adalah Hadits yang jumlah rawinya banyak dengan syarat beritanya mahshus (indrawi), tidak ada kesan dusta, dan tiap thabaqah jumlah rawi minimal lima orang. Hadits ahad adalah Hadits yang jumlah rawinya tidak banyak, yakni tiga setiap thabaqah (masyhur), dua setiap thabaqah (aziz), dan satu setiap thabaqah (gharib).
Berdasarkan kriteria tersebut, maka Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” termasuk Hadits Ahad dalam thabaqah Shahabat hanya seorang rawi.
2.      Matan
Dari segi idhafah matan, Hadits terbagi pada marfu’ (idhafah  pada Nabi), mauquf (Idhafah kepada Sahabat), dan maqthu  (idhafah kepada Tabi’in), dan Qudsi (idhafah kepada Allah SWT yang bukan Alquran). Berdasarkan bentuk matan, Hadits terbagi kepada Hadits qauli (ucapan), Hadits fi’li (perbuatan), dan Hadits taqriri (ketetapan). Dari segi idhafah matan,. Dan apabila tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit disebut haqiqi (eksplisit), dan jika implisit disebut hukmi (implisit).
Berdasarkan kriteria tersebut maka Hadits tentang  “Anjuran Mencari Ilmu” termasuk Hadits marfu’  Qauli  Haqiqi. Marfu’ artinya Hadits tersebut idhafahnya disandarkan langsung pada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Qauli artinya adalah Hadits yang merupakan perbuatan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun haqiqi adalah Hadits yang tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit  sabda Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam.
3.      Sanad
Dari segi bersambung tidaknya sanad, Hadits terbagi ke dalam muttashil dan munfashil. Hadits muttashil adalah Hadits yang sanadnya bersambung, yakni rawi murid dan rawi guru yang ada pada sanad bertemu (liqa’) karena hidup sejaman, setempat, dan seprofesi Hadits. Hadits munfashil adalah Hadits yang sanadnya terputus (inqitha’) yakni putus pada rawi pertama (mursal), putus pada mudawin dengan gurunya (mu’alaq), putus satu rawi dalam sembarang thabaqah (munqathi), dan putus dua rawi dalam dua thabaqah berturut-turut (mu’dhal).
Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits  tentang “Anjuran Mencari Ilmu” adalah Hadits muttashil karena semua thabaqah mulai shahabat sampai mudawinnya bersambung.
Dari segi keadaan sanad, Hadits terbagi kepada Hadits mu‘an‘an (terdapat ‘an dalam sanad), Hadits mu’anan (terdapat ‘ana ta’kid dalam sanad), Hadits aliy (jumlah rawi dalam sanad sedikit dengan rata-rata per thabaqah-nya satu atau dua orang), Hadits nazil (jumlah rawi dalam sanad banyak dengan rata-rata per thabaqah-nya tiga orang atau lebih), Hadits musalsal (ada persamaan sifat rawi dalam sanad), dan Hadits muddabaz (ada dua rawi dalam sanad yang saling meriwayatkan).
Berdasarkan kriteria tersebut, Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” bisa dikatakan Hadits mu‘an‘an karena terdapat shighah عن dalam sanad. Hadits aliy karena jumlah rawinya sedikit (8 orang rawi), rata-rata perthabaqah 8: 8 = 1 orang lebih.
Dengan menggunakan kaidah taqsim kualifikasi, khususnya dari segi jumlah rawinya, hadits tentang Anjuran Mencari Ilmu” termasuk hadits Ahad, berarti masuk pada kualifikasi hadits yang hujjah zhanny, baik wurud maupun dalalahnya.
D.      Kualitas Hadits
Berdasarkan kualitasnya, Hadits terbagi ke dalam Hadits maqbul dan mardud. Makbul adalah Hadits yang diterima sebagai hujjah dengan sebutan shahih dan hasan. Hadits mardud adalah Hadits yang ditolak sebagai hujjah dengan sebutan Hadits dh’aif. Hadits shahih adalah Hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat). Hadits hasan sama seperti Hadits shahih namun rawinya tidak sampai tamm dhabit, tetapi hanya sampai qalil dhabit. Hadits dha’if adalah Hadits yang gugur satu syarat atau lebih dari syarat Hadits shahih atau hasan. Kaidah tersebut adalah kaidah dasar. Dalam tash-hih terdapat kaidah dalam kenaikkan kualitas, yaitu Hadits hasan dapat menjadi shahih apabila dikuatkan dengan muttabi’ (sanad lain) dan syahid (matan lain), yang kemudian disebut shahih li ghairihi. Begitu juga Hadits dha’if yang mardud (ditolak sebagai hujjah) dapat naik menjadi makbul yakni menjadi hasan li ghairihi apabila Hadits dha’if tersebut memiliki muttabi’ dan atau syahid, sepanjang dha’if-nya bukan maudhu’matruk dan munkar.
Berdasarkan kaidah tersebut, Hadits “Anjuran Mencari Ilmu” dapat disimpulkan merupakan Hadits mardud dengan kategori dhoif, karena diriwayatkan oleh salah satu rawi yang dikenal lemah dari segi hafalan begitupun Imam Adz Dzahabi dalam kitab Mizaanul I’tidal melemahkannya, sehingga terkategorikan matruk dalam periwayatan hadisnya menurut Ibn Hajar al ‘Asqolani dalam kitabnya Tahdzibut Tahzhib.
Menentukan kualitas Hadits berdasarkan petunjuk jenis kitabnya (konvensi muhaditsin bahwa jenis kitab Hadits menjelaskan kualitas Haditsnya), penjelasan kitab kamus dan syarah, dan pembahasan kitab ilmu. Dengan i’tibar diwan dapat diketahui status Hadits “Anjuran Mencari Ilmu” merupakan Hadits dhoif karena terdapat dalam kitab Taraajim wat Tabaqaat tentang para rawi hadis seperti kitab al Majruuhiin Ibnu Hibban, serta dalam kitab Dho’if al Jami’ at Tirmidzi yang ditulis oleh Syeikh al Albani.
E.       Tathbiq Hadits
Setelah diketahui kelemahan Hadits ini melalui jalur Abu Hurairah yang salah satu perawinya bernama Ibrahim Ibn Fadhl al Makhzumi, maka pada aspek penerapannya sebagaimana Lajnah Ad-Daimah manakala ditanya tentang hadits ini, setelah mereka menghukumi hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sebagai hadits yang sangat lemah, mereka berkata:

وأما معنى الحديث فتشهد له عمومات النصوص، وهو أن الكلمة المفيدة التي لا تنافي نصوص الشريعة ربما تفوه بها من ليس لها بأهل، ثم وقعت إلى أهلها، فلا ينبغي للمؤمن أن ينصرف عنها، بل الأولى الاستفادة منها والعمل بها من غير التفات إلى قائلها.
Adapun makna hadits ini, maka dikuatkan oleh keumuman nahs (Al-Qur’an dan Hadits), yaitu bahwasanya kalimat (ucapan) yang bermanfaat yang tidak bertentangan dengan nash syari’at lainnya, yang terkadang diucapkan oleh orang yang bukan ahlinya kemudian diterima oleh ahlinya, maka tidak sepantasnya bagi seorang mukmin untuk meninggalkannya, bahkah seutamanya ia mengambil manfaat dari ucapan tersebut dan mengamalkannya tanpa melihat siapa yang menyampaikannya. (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah Juz 26 hal 357).

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ilmu Badi' علم البديع

PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

KAJIAN BALAGHAH: JINAS