TAKHRIJ HADIS ANJURAN MENCARI ILMU (HIKMAH)
SYARAH
DAN KRITIK
DENGAN METODE TAKHRIJ
HADITS
TENTANG ANJURAN MENCARI
ILMU (HIKMAH)
Oleh
Hilman Fitry
Pendidik Hadis
SDIT Uswatun Hasanah
Kota Banjar
الَشَّرْحُ وَ النَّقْدُ عَلَى طَرِيْقَةِ الـتَّخْـرِيْجِ
فِى الْحَدِيْثِ } الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ
الْمُؤْمِنِ، حَيْثُمَا وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا {
A.
Teks Hadits
Syarah dan kritik atau
pembahasan dengan metode takhrij Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” diawali dengan ditemukannya Hadits pada kitab Takhrij Maudhui
yakni Al
Jâmi’ul Ushûl fi Ahâditsir Rasûl yang
disusun oleh al Mubarak Ibn Muhammad Ibn Muhammad Ibn Muhammad Abdul Karim asy
Syaibani al Jazari atau yang dikenal dengan nama Ibn Atsir (544-606 H/
1150-1210 M) sebagai berikut :
أبو هريرة -
رضي الله عنه - قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم-: «الكلمةُ الحِكْمَةُ
ضَالَّةُ المؤمن، فحيث وجدها فهو أحق بها» . أَخرجه الترمذي
Bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Kalimat hikmah itu adalah suatu yang hilang dari seorang mukmin,
maka di masa saja ia mendapatkannya maka ia lebih berhak atasnya.” (H.R. at Tirmidzi
dari Abu Hurairah r.a.)
Berdasarkan foot note di atas, Mashadir Ashliyahnya
adalah Sunan at
Tirmidzi.
Dilalah
untuk mencari Mashadir Ashliyah menggunakan kamus Al-Jami’ al-Shaghir wa ziyâdatuhu yang ditulis oleh As-Sayuthi
dan al Albani. Berdasarkan lafazh awal الْكَلِمَةُ
الْحِكْمَةُ diperoleh petunjuk sebagai berikut :
الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ فَحَيْثُ
وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا .(ت هـ) عَن أبي هُرَيْرَة.
Berdasarkan petunjuk tersebut
di atas, Mashadir
Ashliyahnya adalah: Sunan
at Tirmidzi (ت), dan Sunan Ibn Majah (ه) melalui
jalur Abu
Hurairah.
Dilalah selanjutnya menggunakan kamus Al-Mu’jam
al-Mufahras Jilid 1 susunan AJ Winsink. Berdasarkan lafazh الْحِكْمَةُ
diperoleh petunjuk sebagai berikut:
الْكَلِمَةُ
الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ ……
ت علم 19،، جه زهد 15
Berdasarkan petunjuk tersebut maka Mashadir Ashliyahnya
adalah : Sunan at Tirmidzi (ت), dan Sunan Ibn Majah (جه).
Dilalah yang bersifat cek ricek menggunakan
CD Al-Maktabah al-Syamilah dengan proses sebagai berikut:
1.Masuk di aplikasi
2. Klik icon
di atas
3. Klik pada متون الحديث
4.Kemudian klik pada kotak المجموعة كلها agar pencarian kata yang dimaksud
terdapat pada seluruh kitab yang terdapat pada متون الحديث dan secara otomatis kolom kotak Hadits akan muncul ceklis
6.Untuk mencari kata الْكَلِمَةُ
الْحِكْمَةُ maka kemudian ketiklah kata tersebut
pada kolom ابحث عن جميع هذه العبارات
7.Klik pencarian pada
maka akan muncul:
8.Pencarian kata وَاسْتَحْلَلْتُمْ
فُرُوجَهُنَّ akan berlangsung, dan aplikasi akan
menghimpun seluruh kitab yang terdapat pada Al-Maktabah al-Syamilah sehingga
muncul tanda pencarian selesai.
Untuk menentukan kitab Mashadir Ashliyah dipilih kitab
yang menggunakan sebutan : Musnad, Mu’jam, Mushannaf, Muwatha’, Jami’, Sunan,
Shahih, dan Mustadrak. Atau nama khas kitab Mashadir Ashliyah tertentu, atau
boleh diplih kitab lain, sepanjang kitab tersebut menulis Hadits lengkap dengan
rawi dan sanadnya.
Berdasarkan
proses tersebut maka Mashadir Ashliyahnya adalah : Sunan Ibn Majah, Sunan at Tirmidzi, al Musnad
al Maudhu’I al Jami’lil kutubil ‘Asyrah (namun tidak bisa dijadikan sebagai Mashadir
Ashliyahnya dikarenakan
penulisnya merupakan
ulama kontemporer atau hidup setelah 500 H).
Rekapitulasi
Mashadir Ashliyahnya sebagai berikut :
No
|
Dilalah
|
Mashadir Ashliyah
|
1
|
Al
Jâmi’ul Ushûl fi Ahâditsir Rasûl
|
Sunan at Tirmidzi
|
2
|
Al-Jamius’ Shaghir wa ziyâdatuhu
|
Sunan
Ibn Majah (ه), Sunan at Tirmidzi (ت)
|
3
|
Al-Mu’jam al-Mufahras jilid 1
|
Sunan
Ibn Majah (جه), Sunan at Tirmidzi (ت)
|
4
|
CD
Al-Maktabah al-Syamilah
|
Sunan Ibn Majah, Sunan at Tirmidzi
|
Mashadir Ashliyah secara keseluruhan
adalah :
- Sunan Ibn
Majah (273 H).
- Sunan At Tirmidzi (279 H).
Adapun Hadits tentang “Anjuran
Mencari Ilmu” sebagai berikut :
سنن ابن ماجه (ج 2 ص 1395)
4169 - حَدَّثَنَا عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
نُمَيْرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
«الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ الْمُؤْمِنِ، حَيْثُمَا وَجَدَهَا فَهُوَ
أَحَقُّ بِهَا»
سنن الترمذى (ج 5 ص 51)
2687 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ الوَلِيدِ
الكِنْدِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ
بْنِ الفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ المَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الكَلِمَةُ الحِكْمَةُ
ضَالَّةُ المُؤْمِنِ، فَحَيْثُ وَجَدَهَا فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا»: «هَذَا حَدِيثٌ
غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الوَجْهِ وَإِبْرَاهِيمُ بْنُ الْفَضْلِ
الْمَخْزُومِيُّ يُضَعَّفُ فِي الحَدِيثِ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ»
a.
Rawi Sanad
1)
Sunan
Ibn Majah (273 H).
(1) Abu Hurairah
(2) Sa’id al Maqburi
(3) Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi
(4) Abdullah Ibn Numair
(5) Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab
(6) Ibn Majah
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ،
عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ
2)
Sunan
at Tirmidzi (279 H).
(1) Abu Hurairah
(2) Sa’id al Maqburi
(3) Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi
(4) Abdullah Ibn Numair
(5) Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi
(6) at Tirmidzi
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ
بْنِ الوَلِيدِ الكِنْدِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ الفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ المَقْبُرِيِّ،
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ
Jadi
rawi sanad secara keseluruhan adalah,
(1) Abu Hurairah (57/58/59 H)
(2) Sa’id al Maqburi (120 H)
(3) Ibrahim Ibn Fadhl Al Makhzumi (w…..)
(4) Abdullah Ibn Numair (199 H)
(5) Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi
(256
H)
(6) Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab
(w….)
(7) Ibn Majah (273 H)
(8) At Tirmidzi (279 H)
b.
Matan
Matan
|
Mashadir
Ashliyah
|
No
|
الْكَلِمَةُ الْحِكْمَةُ ضَالَّةُ الْمُؤْمِنِ، حَيْثُمَا وَجَدَهَا
فَهُوَ أَحَقُّ بِهَا
|
Sunan Ibn Majah (273 H)
|
1
|
الكَلِمَةُ الحِكْمَةُ ضَالَّةُ المُؤْمِنِ، فَحَيْثُ وَجَدَهَا فَهُوَ
أَحَقُّ بِهَا
|
Sunan At Tirmidzi (279 H)
|
2
|
Matan
Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” untuk lafazh pokoknya adalah Lafzhi, sebab pada dasarnya
lafazhnya sama, ma’nanya sama dan maksudnya sama. Untuk matan yang utuh dapat
dikategorikan Ma’nawi, sebab lafazhnya
ada perbedaan, sehingga ma’nanya ada perbedaan, namun maksudnya sama.
Untuk mengetahui lahir
wafat, rutbah jarh wa ta’dil, thabaqah
rawi sanad, dibuat daftar rawi sanad berdasarkan kitab Tahdzib al-Kamal
(Al-Mizi) Tahdzib al-Tahdzib
(Al-‘Asqalani), Mizan al-I’tidal (Al-Dzahabi)
No
|
Rawi Sanad
|
Lahir Wafat
|
Rutbah Jarh Ta’dil
|
Thabaqah
|
|||
Lahir (H)
|
Wafat (H)
|
Jarh
|
Ta’dil
|
Tahdzib
|
S-T
|
||
1
|
Abu
Hurairah (57/58/59 H)
|
|
57/58/59
ه
|
|
صحابى
|
صحابى
|
S
|
2
|
Sa’id al
Maqburi (120 H)
|
|
73 أو 74 هـ
|
تغير قبل موته بأربع سنين
|
ثقة
ليس به بأس
|
من الوسطى
من التابعين
|
T1
|
3
|
Ibrahim
Ibn Fadhl Al Makhzumi (w…..)
|
|
|
متروك
ضعفوه
|
|
من الوسطى
من أتباع التابعين
|
T2
|
4
|
Abdullah
Ibn Numair (199 H)
|
|
|
|
ثقة صاحب حديث من أهل السنة
حجة
|
من صغار أتباع التابعين
|
T3
|
5
|
Muhammad
Ibn ‘Amr Ibn Walid al Kindi (256 H)
|
|
256 ه
|
لا بأس به
|
صدوق
|
أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
|
T3
|
6
|
Abdurrahman
Ibn Abdul Wahhab (w….)
|
|
|
|
ثقة
|
أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
|
T3
|
7
|
Ibn
Majah (273 H)
|
|
131 هـ
|
|
أحد
الأئمة ، حافظ
|
صغار الآخذين عن تبع الأتباع
|
T4
|
8
|
At
Tirmidzi (279 H)
|
|
132 ه
|
|
أحد
الأئمة ، حافظ
|
صغار الآخذين عن تبع الأتباع
|
T4
|
S
: Shahabat : 80 H
T
: Tabi’in : 130 H
T2: Tabi’ al-Tabi’in : 180 H
T3: Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in : 230 H
T4: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’
al-Tabi’in : 300 H
T5: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’
al-Tabi’in:360 H
T6: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’
min Tabi’ al-Tabi’in : 420 H
T7: Tabi’ min Tabi’ min Tabi’ min Tabi’
min Tabi’ min Tabi’ al-Tabi’in:500 H
Tarjamah
Rawi (Print Out dari CD Al-Maktabah al-Syamilah)
Tarjamah Rawi
|
No
|
الاسم : أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ الصحابة ،
اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )
الطبقة : 1 :
صحابى
الوفاة : 57
هـ ( 58 أو 59 هـ قيل ذلك )
روى له : خ م
د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود -
الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :
صحابى
رتبته عند الذهبي :
صحابى ، كان حافظا متثبتا ذكيا مفتيا ، صاحب صيام و قيام
|
1
|
الاسم : سعيد بن أبى سعيد : كيسان المقبرى ، أبو سعد
المدنى
الطبقة :
3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة : 120
هـ و قيل قبلها و قيل بعدها
روى له : خ م
د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود -
الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :
ثقة ، تغير قبل موته بأربع سنين
رتبته عند الذهبي :
قال أحمد : ليس به بأس
|
2
|
الاسم : إبراهيم بن الفضل المخزومى المدنى ، أبو إسحاق
، و يقال إبراهيم بن إسحاق
الطبقة :
8 : من الوسطى من أتباع التابعين
روى له : ت
ق ( الترمذي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :
متروك
رتبته عند الذهبي :
ضعفوه
|
3
|
الاسم : عبد الله بن نمير الهمدانى الخارفى ، أبو هشام
الكوفى ( والد محمد بن عبد الله بن نمير )
المولد : 115
هـ
الطبقة :
9 : من صغار أتباع التابعين
الوفاة : 199
هـ
روى له : خ م
د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود -
الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :
ثقة صاحب حديث من أهل السنة
رتبته عند الذهبي :
حجة
|
4
|
الاسم : محمد بن عمر بن الوليد الكندى ، أبو جعفر
الكوفى
الطبقة : 11 :
أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة : 256
هـ
روى له : ت س
ق ( الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :
صدوق
رتبته عند الذهبي :
قال النسائى : لا بأس به
|
5
|
الاسم : عبد الرحمن بن عبد الوهاب العمى البصرى الصيرفى
الطبقة : 11 :
أوساط الآخذين عن تبع الأتباع
روى له :
ق ( ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :
ثقة
رتبته عند الذهبي :
لم يذكرها
|
6
|
الاسم : محمد بن يزيد الربعى مولاهم ، القزوينى أبو
عبد الله ابن ماجة الحافظ ( صاحب " السنن " )
المولد : 209
هـ
الطبقة : صغار
الآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة : 273
هـ
روى له : .
رتبته عند ابن حجر :
أحد الأئمة ، حافظ
رتبته عند الذهبي :
الحافظ ، صاحب " السنن "
|
7
|
الاسم : محمد بن عيسى بن سورة بن موسى بن الضحاك
السلمى ، أبو عيسى الترمذى الضرير الحافظ ( صاحب " الجامع " و غيره من
المصنفات )
الطبقة : 12 :
صغار الآخذين عن تبع الأتباع
الوفاة : 279
هـ بـ ترمذ
روى له : .
رتبته عند ابن حجر :
أحد الأئمة
رتبته عند الذهبي :
الحافظ
|
8
|
3.
Diagram
(Silsilah) Sanad
Rasulullah s.a.w.
|
Abdullah Ibn Numair (199 H)
|
Abu
Hurairah (57/58/59 H)
|
Said
al Maqburi (120 H)
|
Ibrahim
Ibn Fadhl Al Makhzumi (w…..)
|
Muhammad Ibn ‘Amr Ibn Walid al
Kindi (256 H)
|
Abdurrahman Ibn Abdul Wahhab
(w….)
|
Ibn Majah (273 H)
|
At Tirmidzi (279 H)
|
C.
Jenis Hadits
1.
Jumlah Rawi
Menurut
jumlah rawi, Hadits terbagi kepada Hadits mutawatir dan ahad. Hadits mutawatir
adalah Hadits yang jumlah rawinya banyak dengan syarat beritanya mahshus (indrawi), tidak ada kesan dusta, dan
tiap thabaqah jumlah rawi minimal lima orang. Hadits
ahad adalah Hadits yang jumlah rawinya tidak banyak, yakni tiga setiap thabaqah (masyhur), dua
setiap thabaqah (aziz), dan satu
setiap thabaqah (gharib).
Berdasarkan
kriteria tersebut, maka Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu”
termasuk Hadits Ahad dalam thabaqah Shahabat
hanya seorang rawi.
2.
Matan
Dari segi idhafah matan, Hadits terbagi pada marfu’
(idhafah pada Nabi), mauquf (Idhafah
kepada Sahabat), dan maqthu (idhafah
kepada Tabi’in), dan Qudsi (idhafah kepada Allah SWT yang bukan Alquran). Berdasarkan
bentuk matan, Hadits terbagi kepada Hadits qauli (ucapan), Hadits fi’li
(perbuatan), dan Hadits taqriri (ketetapan). Dari segi idhafah matan,. Dan
apabila tanda bentuk dan idhafahnya eksplisit disebut haqiqi (eksplisit), dan
jika implisit disebut hukmi (implisit).
Berdasarkan
kriteria tersebut maka Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu”
termasuk Hadits marfu’ Qauli Haqiqi. Marfu’ artinya Hadits tersebut idhafahnya
disandarkan langsung pada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Qauli artinya adalah Hadits yang merupakan
perbuatan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun haqiqi adalah Hadits yang tanda bentuk dan idhafahnya
eksplisit sabda Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam.
3.
Sanad
Dari
segi bersambung tidaknya sanad, Hadits terbagi ke dalam muttashil dan munfashil.
Hadits muttashil adalah
Hadits yang sanadnya bersambung, yakni rawi murid dan rawi guru yang ada pada
sanad bertemu (liqa’) karena hidup sejaman,
setempat, dan seprofesi Hadits. Hadits munfashil adalah
Hadits yang sanadnya terputus (inqitha’) yakni
putus pada rawi pertama (mursal), putus pada
mudawin dengan gurunya (mu’alaq), putus satu
rawi dalam sembarang thabaqah (munqathi), dan putus dua rawi dalam dua thabaqah berturut-turut (mu’dhal).
Berdasarkan
kriteria tersebut, Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” adalah
Hadits muttashil karena semua thabaqah mulai shahabat sampai mudawinnya
bersambung.
Dari
segi keadaan sanad, Hadits terbagi kepada Hadits mu‘an‘an (terdapat ‘an dalam
sanad), Hadits mu’anan (terdapat ‘ana ta’kid dalam
sanad), Hadits aliy (jumlah rawi dalam sanad
sedikit dengan rata-rata per thabaqah-nya satu
atau dua orang), Hadits nazil (jumlah
rawi dalam sanad banyak dengan rata-rata per thabaqah-nya tiga
orang atau lebih), Hadits musalsal (ada
persamaan sifat rawi dalam sanad), dan Hadits muddabaz (ada
dua rawi dalam sanad yang saling meriwayatkan).
Berdasarkan
kriteria tersebut, Hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” bisa
dikatakan Hadits mu‘an‘an karena
terdapat shighah عن dalam sanad. Hadits aliy karena
jumlah rawinya sedikit (8 orang rawi), rata-rata perthabaqah 8: 8 = 1 orang
lebih.
Dengan menggunakan kaidah taqsim kualifikasi, khususnya
dari segi jumlah rawinya, hadits tentang “Anjuran Mencari Ilmu” termasuk hadits Ahad, berarti masuk pada
kualifikasi hadits yang hujjah zhanny, baik wurud maupun dalalahnya.
D.
Kualitas Hadits
Berdasarkan
kualitasnya, Hadits terbagi ke dalam Hadits maqbul dan mardud. Makbul adalah Hadits yang diterima sebagai
hujjah dengan sebutan shahih dan hasan. Hadits mardud adalah Hadits yang ditolak sebagai
hujjah dengan sebutan Hadits dh’aif. Hadits
shahih adalah Hadits yang diriwayatkan oleh rawi yang tsiqah, sanadnya muttashil (liqa’), matannya marfu’ (idhafah pada Nabi), tidak ada illat (penambahan
pengurangan dan penggantian), dan tidak ada kejanggalan (tidak bertentangan
dengan al-Qur’an, Hadits shahih, dan akal sehat). Hadits hasan sama seperti
Hadits shahih namun rawinya tidak sampai tamm dhabit, tetapi hanya sampai qalil dhabit. Hadits dha’if adalah
Hadits yang gugur satu syarat atau lebih dari syarat Hadits shahih atau hasan.
Kaidah tersebut adalah kaidah dasar. Dalam tash-hih terdapat
kaidah dalam kenaikkan kualitas, yaitu Hadits hasan dapat menjadi shahih
apabila dikuatkan dengan muttabi’ (sanad
lain) dan syahid (matan lain), yang
kemudian disebut shahih li ghairihi. Begitu juga
Hadits dha’if yang mardud (ditolak sebagai hujjah) dapat
naik menjadi makbul yakni menjadi hasan li ghairihi apabila
Hadits dha’if tersebut memiliki muttabi’ dan atau syahid,
sepanjang dha’if-nya bukan maudhu’, matruk dan munkar.
Berdasarkan
kaidah tersebut, Hadits “Anjuran Mencari Ilmu” dapat
disimpulkan merupakan Hadits mardud
dengan
kategori dhoif,
karena diriwayatkan oleh salah
satu rawi
yang dikenal lemah dari
segi hafalan begitupun Imam Adz Dzahabi dalam kitab Mizaanul I’tidal melemahkannya,
sehingga terkategorikan matruk dalam periwayatan hadisnya menurut Ibn
Hajar al ‘Asqolani dalam kitabnya Tahdzibut Tahzhib.
Menentukan kualitas Hadits berdasarkan petunjuk jenis
kitabnya (konvensi muhaditsin bahwa
jenis kitab Hadits menjelaskan kualitas Haditsnya), penjelasan kitab kamus dan
syarah, dan pembahasan kitab ilmu. Dengan i’tibar diwan dapat
diketahui status Hadits “Anjuran Mencari Ilmu” merupakan Hadits dhoif
karena terdapat dalam kitab Taraajim wat Tabaqaat tentang para rawi
hadis seperti kitab al Majruuhiin Ibnu Hibban, serta dalam kitab Dho’if
al Jami’ at Tirmidzi yang ditulis oleh Syeikh al Albani.
E.
Tathbiq Hadits
Setelah
diketahui kelemahan Hadits ini melalui jalur Abu Hurairah yang salah satu
perawinya bernama Ibrahim Ibn Fadhl al Makhzumi, maka pada aspek penerapannya
sebagaimana Lajnah Ad-Daimah
manakala ditanya tentang
hadits ini, setelah mereka menghukumi hadits Abu Hurairah radhiyallahu
‘anhu sebagai hadits yang sangat lemah, mereka berkata:
وأما معنى الحديث فتشهد له عمومات
النصوص، وهو أن الكلمة المفيدة التي لا تنافي نصوص الشريعة ربما تفوه
بها من ليس لها بأهل، ثم وقعت إلى أهلها، فلا ينبغي للمؤمن أن ينصرف عنها، بل
الأولى الاستفادة منها والعمل بها من غير التفات إلى قائلها.
Adapun makna hadits ini, maka dikuatkan oleh keumuman
nahs (Al-Qur’an dan Hadits), yaitu bahwasanya kalimat (ucapan) yang bermanfaat
yang tidak bertentangan dengan nash syari’at lainnya, yang terkadang diucapkan
oleh orang yang bukan ahlinya kemudian diterima oleh ahlinya, maka tidak
sepantasnya bagi seorang mukmin untuk meninggalkannya, bahkah seutamanya ia
mengambil manfaat dari ucapan tersebut dan mengamalkannya tanpa melihat siapa
yang menyampaikannya. (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah Juz 26 hal 357).
Broh
ReplyDelete