PROGRAM KERJA KURIKULUM 14/15



SD IT USWATUN HASANAH
Enam Bidang Program Kurikulum yang dikembangkan di SD IT Uswatun Hasanah, diantaranya;
A. Pengembangan Kurikulum
Tujuan :
Terlaksananya pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku
Bentuk Kegiatan :
  1. Pengadaan dan penambahan dokumen kurikulum
  2. Menyusun kalender pendidikan
  3. Mengatur Penyusunan Rencana Pembelajaran
  4. Mengatur penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas
  5. Mengatur penyusunan Kriteria Kelulusan
  6. Mengatur penyusunan Modul untuk Bidang Pembelajaran yang dimodulkan (jika ada)
Hasil Yang diharapkan :
  1. Memiliki Dokumen Kurikulum yang lengkap
  2. Memiliki Kalender Pendidikan
  3. Memiliki Rencana Pembelajaran yang lengkap
  4. Memiliki acuan Kriteria Kenaikan Kelas yang jelas
  5. Memiliki Acuan Kriteria Kelulusan yang jelas
B. Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru
Tujuan :
Memiliki guru yang dapat melaksanakan tugas sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan
Bentuk Kegiatan :
  1. Kualifikasi akademik
  2. Pelaksanaan Lokakarya awal tahun
  3. Pengaktifan KKG sekolah
  4. Mengirimkan guru untuk mengikuti KKG, Lokakarya, Pelatihan, seminar dll.
  5. Pengendalian disiplin kerja guru
  6. In House Training
Hasil Yang diharapkan :
  1. Peningkatan kualifikasi akademik
  2. Penyelesaian administrasi guru
  3. Pelayanan administrasi tepat waktu
  4. Prosentasi kehadiran guru dalam kegiatan tatap muka KBM
C. Pengembangan proses pembelajaran
Tujuan :
Terlaksananya pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik siswa dengan mengimplementasikan pendekatan PAKEMI/PAIKEM
Bentuk Kegiatan :
  1. Melengkapi referensi tentang metoda dan strategi pembelajaran
  2. Mengimplementasikan variasi model pembelajaran
  3. Supervisi klinis keterlaksanaan pembelajaran
  4. Observasi internal dan eksternal
Hasil Yang diharapkan :
  1. Memiliki koleksi buku diluar buku pelajaran
  2. Pelaksanaan pembelajaran yang bervariatif
  3. Ketuntasan belajar setiap pelajaran 100%
D. Peningkatan prestasi akademis dan non akademis
Tujuan :
  1. Prestasi akademis meningkat dari tahun ke tahun
  2. Mempertahankan hasil Akreditasi dengan nilai Kualifikasi A dan menjadi juara hasil US tingkat Kota Banjar
  3. Menjadi juara dalam berbagai perlombaan minimal tingkat Kota Banjar
Bentuk Kegiatan :
  1. Penentuan KKM
  2. Pengendalian ketercapaian KKM
  3. Penentuan target perolehan US
  4. Penetuan target Kelulusan
  5. Penentuan target Kenaikan Kelas
  6. Pelaksanaan Remedial teaching dan remedial test
  7. Pelaksanaan Pengayaan
  8. Penanganan siswa bermasalah
  9. Penanganan kelas VI
  10. Mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan dan perlombaan
  11. Melaksanakan kegiatan PHBN, PHBI dan Pekan Kreatifitas
  12. OSN, IMSO, FLS2N, O2SN.
  13. Melaksanakan Sapta Lomba PAI
Hasil Yang diharapkan :
  1. Siswa mencapai Ketuntasan Belajar 100%
  2. Rata-Rata Nilai US 80
  3. Prosentasi Kelulusan 100%
  4. Prosentasi Kenaikan Kelas 100%
  5. Siswa memiliki prestasi di bidang akademik dan Non Akademik
  6. Siswa menguasai percakapan ringan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
  7. Siswa mamapu membaca Al-Qur’an sesuai Tajwid
  8. Siswa paham bacaan shalat dan dapat melaksanakan shalat dengan benar
  9. Siswa hafal Al-Qur’an  Juz 30
  10. Standar pencapaian bintang & Sapta Lomba PAI
a. Bintang 1 tercapai di kelas 1
b. Bintang 2 tercapai dikelas 2
c. Bintang 3 tercapai dikelas 3
d. Bintang 4 tercapai dikelas 4
e. Bintang 5 tercapai dikelas 5
f. Khatam hafalan tingkat 1-6 dan Khatam Al-Qur’an  Juz 30
E. Pengembangan sistem penilaian dan evaluasi
Tujuan :
Terlaksananya penialaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Bentuk Kegiatan :
  1. Pengembangan perangkat model-model penialian
  2. Implementasi model evaluasi pembelajaran
  3. Penyusunan format LHBS (Raport DIKNAS dan Raport Internal SD IT Uswatun Hasanah berkenaan dengan MULOK)
  4. Pelaporan LHBS secara berkala
  5. Pembentukan tim Evaluasi
Hasil Yang diharapkan :
  1. Memiliki perangkat model penialaian secara lengkap
  2. Terlaksananya kegaiatan evaluasi sesuai dengan tuntutan
  3. Memiliki Raport Internal (MULOK) dan Raport Diknas
  4. Pelayanan administrasi tepat waktu
  5. Memiliki analisis soal dari setiap evaluasi yang dapat dijadikan Feed Back untuk sekolah, Guru dan Siswa
F. Pengembangan sarana dan prasarana
Tujuan :
Memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk terselenggaranya proses pendidikan
Bentuk Kegiatan :
  1. Pengadaan ruang penunjang (Lab Komputer, Lab Bahasa, Ruang Multimedia, CCTV)
  2. Pengadaan alat dan bahan belajar (Lab IPA dengan peralatannya, Alat Peraga setiap bidang pembelajaran)
  3. Pengadaan Alat Operasional (Scanner, Laptop, Printer, LCD)
Hasil Yang diharapkan :
  1. Pembelajaran berbasis IT yang dapat digunakan sebagai daya jual
  2. Implementasi pembelajaran PAKEMI/PAIKEM
  3. Proses penialaian/evaluasi yang tepat waktu

Comments

Popular posts from this blog

Ilmu Badi' علم البديع

KAJIAN BALAGHAH: JINAS

المشاكلة في البلاغة