PROGRAM KERJA KURIKULUM 14/15
SD IT USWATUN HASANAH
Enam Bidang Program Kurikulum yang
dikembangkan di SD IT Uswatun Hasanah, diantaranya;
A. Pengembangan Kurikulum
Tujuan :
Terlaksananya pembelajaran sesuai
dengan kurikulum yang berlaku
Bentuk Kegiatan :
- Pengadaan dan penambahan dokumen kurikulum
- Menyusun kalender pendidikan
- Mengatur Penyusunan Rencana Pembelajaran
- Mengatur penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas
- Mengatur penyusunan Kriteria Kelulusan
- Mengatur penyusunan Modul untuk Bidang Pembelajaran yang dimodulkan (jika ada)
Hasil Yang diharapkan :
- Memiliki Dokumen Kurikulum yang lengkap
- Memiliki Kalender Pendidikan
- Memiliki Rencana Pembelajaran yang lengkap
- Memiliki acuan Kriteria Kenaikan Kelas yang jelas
- Memiliki Acuan Kriteria Kelulusan yang jelas
B. Peningkatan Kompetensi dan
Profesionalisme Guru
Tujuan :
Memiliki guru yang dapat
melaksanakan tugas sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan
Bentuk Kegiatan :
- Kualifikasi akademik
- Pelaksanaan Lokakarya awal tahun
- Pengaktifan KKG sekolah
- Mengirimkan guru untuk mengikuti KKG, Lokakarya, Pelatihan, seminar dll.
- Pengendalian disiplin kerja guru
- In House Training
Hasil Yang diharapkan :
- Peningkatan kualifikasi akademik
- Penyelesaian administrasi guru
- Pelayanan administrasi tepat waktu
- Prosentasi kehadiran guru dalam kegiatan tatap muka KBM
C. Pengembangan proses pembelajaran
Tujuan :
Terlaksananya pembelajaran yang
bervariasi sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik siswa dengan
mengimplementasikan pendekatan PAKEMI/PAIKEM
Bentuk Kegiatan :
- Melengkapi referensi tentang metoda dan strategi pembelajaran
- Mengimplementasikan variasi model pembelajaran
- Supervisi klinis keterlaksanaan pembelajaran
- Observasi internal dan eksternal
Hasil Yang diharapkan :
- Memiliki koleksi buku diluar buku pelajaran
- Pelaksanaan pembelajaran yang bervariatif
- Ketuntasan belajar setiap pelajaran 100%
D. Peningkatan prestasi akademis dan
non akademis
Tujuan :
- Prestasi akademis meningkat dari tahun ke tahun
- Mempertahankan hasil Akreditasi dengan nilai Kualifikasi A dan menjadi juara hasil US tingkat Kota Banjar
- Menjadi juara dalam berbagai perlombaan minimal tingkat Kota Banjar
Bentuk Kegiatan :
- Penentuan KKM
- Pengendalian ketercapaian KKM
- Penentuan target perolehan US
- Penetuan target Kelulusan
- Penentuan target Kenaikan Kelas
- Pelaksanaan Remedial teaching dan remedial test
- Pelaksanaan Pengayaan
- Penanganan siswa bermasalah
- Penanganan kelas VI
- Mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan dan perlombaan
- Melaksanakan kegiatan PHBN, PHBI dan Pekan Kreatifitas
- OSN, IMSO, FLS2N, O2SN.
- Melaksanakan Sapta Lomba PAI
Hasil Yang diharapkan :
- Siswa mencapai Ketuntasan Belajar 100%
- Rata-Rata Nilai US 80
- Prosentasi Kelulusan 100%
- Prosentasi Kenaikan Kelas 100%
- Siswa memiliki prestasi di bidang akademik dan Non Akademik
- Siswa menguasai percakapan ringan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
- Siswa mamapu membaca Al-Qur’an sesuai Tajwid
- Siswa paham bacaan shalat dan dapat melaksanakan shalat dengan benar
- Siswa hafal Al-Qur’an Juz 30
- Standar pencapaian bintang & Sapta Lomba PAI
a. Bintang 1 tercapai di kelas 1
b. Bintang 2 tercapai dikelas 2
c. Bintang 3 tercapai dikelas 3
d. Bintang 4 tercapai dikelas 4
e. Bintang 5 tercapai dikelas 5
f. Khatam hafalan tingkat 1-6 dan Khatam Al-Qur’an Juz 30
b. Bintang 2 tercapai dikelas 2
c. Bintang 3 tercapai dikelas 3
d. Bintang 4 tercapai dikelas 4
e. Bintang 5 tercapai dikelas 5
f. Khatam hafalan tingkat 1-6 dan Khatam Al-Qur’an Juz 30
E. Pengembangan sistem penilaian dan
evaluasi
Tujuan :
Terlaksananya penialaian sesuai
dengan ketentuan yang berlaku
Bentuk Kegiatan :
- Pengembangan perangkat model-model penialian
- Implementasi model evaluasi pembelajaran
- Penyusunan format LHBS (Raport DIKNAS dan Raport Internal SD IT Uswatun Hasanah berkenaan dengan MULOK)
- Pelaporan LHBS secara berkala
- Pembentukan tim Evaluasi
Hasil Yang diharapkan :
- Memiliki perangkat model penialaian secara lengkap
- Terlaksananya kegaiatan evaluasi sesuai dengan tuntutan
- Memiliki Raport Internal (MULOK) dan Raport Diknas
- Pelayanan administrasi tepat waktu
- Memiliki analisis soal dari setiap evaluasi yang dapat dijadikan Feed Back untuk sekolah, Guru dan Siswa
F. Pengembangan sarana dan prasarana
Tujuan :
Memiliki fasilitas sarana dan
prasarana yang memadai untuk terselenggaranya proses pendidikan
Bentuk Kegiatan :
- Pengadaan ruang penunjang (Lab Komputer, Lab Bahasa, Ruang Multimedia, CCTV)
- Pengadaan alat dan bahan belajar (Lab IPA dengan peralatannya, Alat Peraga setiap bidang pembelajaran)
- Pengadaan Alat Operasional (Scanner, Laptop, Printer, LCD)
Hasil Yang diharapkan :
- Pembelajaran berbasis IT yang dapat digunakan sebagai daya jual
- Implementasi pembelajaran PAKEMI/PAIKEM
- Proses penialaian/evaluasi yang tepat waktu
Comments
Post a Comment